Rekomendasi Anime Sedih Part 1

Setiap orang pasti memiliki selera yang berbeda dalam memilih sesuatu. Salah satunya dalam hal anime, para wibu pasti memiliki genre favouri...

Setiap orang pasti memiliki selera yang berbeda dalam memilih sesuatu. Salah satunya dalam hal anime, para wibu pasti memiliki genre favourite mereka sendiri. Oleh karena itu tidak jarang terjadi perdebatan antara pemutusan anime terbaik menurut mereka karena perbedaan genre favourite. Pada post kali ini Wibupedia akan memberi rekomendasi anime-anime sedih menurut analisa Wibupedia.

5. Plastic Memories



Plastic Memories merupakan anime dengan cerita dimana manusia dan robot dapat hidup berdampingan. Robot atau android tersebut memiliki ingatan dan emosi layaknya manusia. Sion Artificial Intelligence Corporation atau SAI Corp yaitu perusahaan yang memproduksi android, memperkenalkan sebuah android tercanggih pada masa itu yang disebut dengan Giftia. Namun, Giftia hanya memiliki masa hidup selama 81.920 jam atau sekitar 9 tahun 4 bulan. Setelah melewati batas masa hidupnya, Giftia akan kehilangan ingatan dan identitas dirinya. Giftia yang sudah mencapai batas hidupnya juga dapat berbuat kasar jika tidak segera dihapus ingatannya.

Cerita berawal dari seorang lelaki 18 tahun yang gagal pada ujian masuk universitas. Dia bernama Tsukasa Mizugaki, tokoh utama dalam anime ini. Berkat bantuan ayahnya Tsukasa dapat bekerja di Terminal Service terbaik pada waktu itu. Petugas Terminal Service bertugas mengambil android yang hampir habis batas hidupnya. Sementara itu dalam menjalankan tugasnya, petugas Terminal Service terdiri atas seorang manusia (Spotter) dan seorang Giftia (Marksman). Tsukasa sebagai seorang Spotter mendapat partner Giftia yang bernama Isla. 

Mengapa Plastic Memories direkomendasikan oleh Wibupedia sebagai anime yang sedih? Cerita dari anime ini berfokus kepada dua karakter utama yaitu Tsukasa dan Isla yang menjalani pekerjaannya sebagai petugas Terminal Service. Setiap harinya mereka harus menyaksikan perpisahan antara Giftia dengan pemiliknya. Scene-scene tersebut merupakan bagian yang bisa dibilang sedih. Hal ini karena Giftia yang memiliki emosi layaknya manusia. Namun, di antara scene-scene sedih tersebut selalu diselingi dengan scene romantis dari kedua tokoh utama. Seperti peribahasa jawa yang artinya cinta berawal dari terbiasa, Tsukasa-pun juga mengalaminya. Dirinya sudah jatuh cinta dengan Isla, partner kerjanya. Namun tanpa dia sadari bahwa yang dia cintai bukanlah manusia, namun seorang Giftia yang usianya hampir mencapai batasan.

Puncak dari cerita yaitu saat Tsukasa dan Isla berkencan. Scene yang benar-benar membuat para wibu terdiam bisu karena malam dimana mereka berkencan merupakan jam-jam terakhir dari hidup Isla. Yang lebih parah lagi, Tsukasa yang diberi tugas untuk menghapus ingatannya. Memang tidak seperti anime pada umumya yang berakhir bahagia, namun Plastic Memories wajib ditonton karena jalan ceritanya begitu epic dan menyentuh.

Plastic Memories Last Episode

Plastic Memories Last Episode
[next]

4. Angel Beats!



Angel Beats! bisa dibilang asupan wajib bagi para wibu. Anime yang menceritakan kehidupan SMA ini dikolaborasikan dengan genre aksi dan romansa yang begitu menyentuh. Latar dari anime ini yaitu sebuah SMA yang digunakan sebagai tempat untuk menghapus penyesalan dikehidupan dunia sebelum hidup kembali (reinkarnasi). Di dunia afterlife ini manusia tidak dapat merasakan sakit ataupun mati. Namun mereka akan dihapuskan setelah mereka tidak memiliki penyesalan.

Cerita berawal dari Yuzuru Otonashi yang tanpa sengaja terbangun dihadapan siswi SMA dengan senapan laras panjang. Wanita tersebut adalah Yuri Nakamura, salah satu tokoh utama. Sementara yang ditarget juga siswi SMA yaitu ketua OSIS, Kanade Tachibana. Konflik pertama dari cerita ini yaitu kelompok penentang tuhan yang percaya jika Kanade merupakan malaikat (Tenshi) yang diutus untuk mengirim manusia ke akhirat. Mereka percaya jika mereka bertindak sesuai dengan aturan akan ditiadakan. Yuzuru yang pada awalnya percaya, terpaksa bergabung dengan kelompok yang selalu bertengkar dengan Tenshi.

Konflik pertama ini kemudian diberi penyelesaian dengan fakta bahwa pemahaman dan keyakinan kelompok Yuri sebenarnya salah. Pada akhirnya Yuzuru, Yuri, dan Kanade dapat berbaur satu sama lain. Konflik kedua muncul setelah Yuzuru ingat masa lalu dan penyebab kematiannya. Yuzuru memiliki keyakinan bahwa dirinya diberi tugas untuk membantu orang-orang di dunia tersebut untuk menghapus penyesalan mereka. Dari sinilah ceritanya mulai menarik karena tokoh utama yaitu Yuzuru mulai menonjol. Dia banyak membantu teman-temannya dengan memenuhi keinginan mereka yang belum terpenuhi. Di samping usahanya untuk meluluskan teman-temannya, dia juga mendapat kendala lain seperti serangan dari monster bayangan yang dikendalikan siswa lain. Hal ini juga membawa genre action pada anime ini menjadi lebih segar dan tidak membosankan. Genre romance berfokus kepada Yuzuru dengan Kanade, sementara karakter lain ikut memeriahkan dalam genre comedy yang begitu epic.

Klimaks dari anime ini yaitu berpusat pada episode dimana hanya tinggal 5 siswa yang belum dihilangkan. Mereka melakukan upacara kelulusan dan satu persatu dari mereka hilang. Dua orang terakhir yaitu Yuzuru dan Kanade, tokoh utama dalam anime ini. Sebelum dihilangkan, Yuzuru meminta Kanade untuk tinggal bersama di dunia tersebut dan bersama-sama membantu orang-orang yang dikirim karena memiliki penyesalan. Namun Kanade menolak karena sebenarnya dia adalah orang yang menerima donor jantung dari Yuzuru, dan satu-satunya penyesalannya yaitu tidak dapat berterima kasih kepada pendonor tersebut. Cerita berakhir dengan scene yang begitu sedih, karena akhirnya Kanade hilang saat berada dipelukan Yuzuru yang tengah menangis. Namun di akhir cerita, diperlihatkan sebuah kehidupan setelah reinkarnasi dari Yuzuru dan Kanade.

Angel Beats! Last Episode

Angel Beats! Last Episode

[next]

3. Shigatsu wa Kimi no Uso 



Shigatsu wa Kimi no Uso merupakan anime yang sudah tidak asing ditelinga para wibu. Sudah sewajarnya begitu karena anime yang berjudul "Your Lie in April" ini sukses mengguncangkan dunia anime pada tahun 2014 dan 2015, bahkan hingga sekarang masih banyak fansnya. Anime ini digarap oleh studio A-1 Pictures dan release pada Fall Season, 2014.

Sesuai dengan judulnya yang berarti kebohonganmu dibulan April, anime ini memang mengandung adegan dimana salah satu heroinnya melakukan suatu kebohongan besar yang membuat para penonton membisu. Cerita berawal dari seorang pelajar SMP sekaligus pianis legendaris yang sudah berhenti bermain karena tidak dapat mendengar suara permainannya lagi. Dia adalah Arima Kousei. Suatu hari Kousei dipertemukan dengan wanita pemain violin yang mengaku suka dengan sahabatnya. Wanita tersebut yaitu Miyazono Kaori merupakan pemain yang tidak pernah mengikuti partitur nada, tetapi bermain bebas sesuai ekspresi dirinya. Namun Miyazono merupakan orang yang berhasil mengubah hidup Kousei, dia juga berhasil membuat Kousei bermain lagi. Siapa sangka pada akhirnya Kousei juga jatuh cinta kepada Miyazono. 

Cerita memang berawal asyik, karena anime ini tidak hanya bergenre school dan romance, tetapi juga music. Anime ini mengisahkan perjuangan 4 anak yang berusaha mengembangkan bakat mereka. Kousei seorang pianis, Miyazono seorang violinis, Tsubaki pemain baseball, dan Watari pemain sepak bola. Keempat anak yang bersahabat ini begitu erat. Namun dalam persahabatannya, terdapat sebuah persaingan cinta yang begitu rumit. 

Pada puncak cerita yang sekaligus scene-scene yang begitu mengejutkan yaitu sang heroin yang mengidap penyakit mematikan dan terpaksa menjalani operasi serta kebohongannya terhadap ketiga sahabatnya. Tidak sesuai yang diinginkan, operasi tersebut tidak dapat menyelamatkan Miyazono Kaori. Setelah meninggalnya Miyazono, Kousei mendapat surat yang sebelumnya ditulis oleh Miyazono. Surat itu berisi semua kebohongan yang pernah dilakukannya, termasuk kebohongan bahwa dirinya menyukai Watari. Sebenarnya semua hanyalah alasan untuk dekat dengan Kousei. Akhir dari cerita yang begitu sedih dan sangat menyentuh hati, oleh karena itu anime ini sangat direkomendasikan oleh Wibupedia, selain karena alur cerita yang begitu indah tetapi juga karena merupakan anime kesukaan Wibupedia.

Shigatsu wa Kimi no Uso Last Episode

Shigatsu wa Kimi no Uso Last Episode

[next]

2. Ano Hi Mita Hana no Nawae o Bokutachi wa Mada Shiranai (Anohana)



Anohana juga merupakan anime produksi A-1 Pictures. Anime ini menceritakan kisah persahabatan 6 anak yang begitu indah karena 10 tahun mereka berpisah namun dapat bersatu kembali. Lalu apa yang membuat kelompok yang bernama Super Peace Busters ini bersatu kembali?

10 tahun sebelumnya, Super Peace Busters berpisah setelah salah satu anggota mereka yaitu Meiko Honma yang akrab dipanggil Menma meninggal karena kecelakaan. Namun di musim panas, arwahnya menemui ketua kelompok yaitu Jinta Yadomi atau Jintan. Menma meminta Jintan untuk memenuhi permintaannya, namun Menma sendiri tidak dapat mengingat apa permintaannya. Oleh karena itu Jintan memutuskan untuk mengumpulkan teman-temannya kembali dengan maksud membantu memenuhi permohonan Menma.

Ceritanya begitu nyata, bisa dibilang genre slice of life begitu terlihat pada anime ini, meskipun tidak sesuai realita. Hal ini karena dalam 11 episode saja anime ini bisa membuat penonton merasakan atmosfer kesedihan yang begitu menggebu. Penonton diajak merasakan bagaimana susahnya seorang hikikomori yang dianggap anti sosial dalam berjuang untuk memenuhi keinginannya dan keinginan sahabat-sahabatnya. Tidak hanya itu penonton juga diajak memahami apa arti dari persahabatan sebenarnya dan pentingnya bertanggung jawab. Pada klimaks cerita, keinginan Menma berhasil tercapai berkat bantuan semuanya. Scene-scene terakhir ini juga begitu sedih dan mengharukan karena persahabatan yang awalnya terpecah belah karena saling menyalahkan dapat bersatu kembali meskipun tanpa seorang anggota lainnya yaitu Menma.

Anohana Last Episode

Anohana Last Episode
[next]

1. Clannad & Clannad After Story



Anime yang diadaptasi dari Visual Novel buatan Key ini sukses pada tahun 2007-2008. Clannad dan Clannad After Story (Season kedua) merupakan anime slice of life yang menceritakan seorang pelajar berandalan bernama Okazaki Tomoya. Berbeda dengan Anohana, genre slice of life dalam serial anime ini tidak hanya berfokus pada persahabatan tetapi juga mengarah kepada makna dari kehidupan ini. 

Okazaki Tomoya dianggap berandalan di sekolahnya. Ayahnya merupakan seorang pemabuk, sementara ibunya sudah meninggal sejak usianya 5 tahun. Cerita ini berawal saat dia bertemu wanita dalam perjalanan menuju sekolah. Wanita tersebut merupakan wanita yang kurang percaya diri dan harus mengulang kelas karena sakit. Dia bernama Nagisa Furukawa, wanita yang akan mengubah kehidupan Tomoya nantinya. Furukawa berhasil membawa kehidupan Tomoya pada perubahan yang begitu manis. Okazaki Tomoya menjadi seorang yang berbeda, sisi baiknya menjadi muncul setelah bergaul dengan teman-teman yang hebat. 

Mengapa disebut sebagai teman-teman yang hebat? Karena salah satu kelebihan dari anime ini yaitu tidak hanya berfokus kepada satu atau dua karakter saja. Alur ceritanya memang sama karena setiap beberapa episode mengisahkan tokoh utama yang membantu temannya yang memiliki masalah. Hampir semua temannya yang digauli bermasalah dan memiliki latar belakang yang buruk. Peran dari tokoh utama yaitu menyelesaikan masalah mereka hingga tuntas. Selain berfokus kepada genre slice of life, Clannad juga memberikan sedikit percikan air kepada penonton. Genre comedy yang begitu kental juga berhasil mengubah air mata menjadi tawa. Tentu saja hal tersebut juga menjadi poin tersendiri mengapa Clannad & Clannad After Story menduduki peringkat pertama rekomendasi dari Wibupedia.

Pada musim kedua, yaitu Clannad After Story cerita berfokus kepada kisah cinta Okazaki Tomoya dengan Nagisa Furukawa. Musim kedua juga berfokus kepada kehidupan tokoh utama setelah lulus sekolah dan terjun langsung dalam kehidupan masyarakat. Lalu mengapa Wibupedia merekomendasikan sebagai anime sedih peringkat pertama? Tentu saja alasannya akan terlihat pada musim kedua ini. Karakter utama mulai dihujani cobaan yang begitu berat baginya. Ayahnya harus dipenjara, kemudian dia gagal mendapat rekomendasi pekerjaan karena kasus ayahnya. Belum seberapa, isteri tercintanya harus meninggal saat melahirkan anaknya, Ushio. Tomoya yang sudah hancur hidupnya akhirnya menjadi seorang yang putus asa. Dirinya memilih menelantarkan anaknya hingga memasuki taman kanak-kanak. Suatu hari dirinya dipertemukan dengan anaknya dan dalam sebuah liburan ke ladang bunga, Tomoya meminta maaf kepada Ushio karena apa yang sudah diperbuatnya. Baru saja memulai kehidupan yang manis, Ushio juga meninggal karena penyakit yang sama dengan ibunya. 

Di akhir cerita, Okazaki Tomoya mendapat kejaiban, dirinya dapat kembali ke masa di mana Nagisa Furukawa melahirkan Ushio dan selamat. Bisa dibilang hal ini karena dirinya selalu membantu orang-orang didekatnya, sehingga dia mendapat keajaiban tersebut. Okazaki Tomoya medapati takdirnya yang berbeda dan happy ending, Okazaki Tomoya hidup bahagia dengan keluarganya.

Clannad After Story Episode 18

Clannad After Story Episode 18


Mungkin demikian rekomendasi anime sedih dari Wibupedia. Sekali lagi, rekomendasi di atas merupakan hasil analisa dari Wibupedia, oleh karena itu tidak menutup kemungkinan jika pembaca memiliki pendapat yang berbeda dari Wibupedia. Untuk mengatasi hal tersebut, Wibupedia menerima berbagai kritik dan komentar yang membangun dari pembaca, dan Wibupedia juga meminta maaf bila apa yang ditulis terdapat salah kata yang kurang berkenan.

COMMENTS

Name

2018,8,Android Games,26,Berita Games,13,Biografi,1,bitcoin,2,Bitcoin,7,CMovie,4,CPop,1,Feature,14,Film,7,game,3,Games,16,Games Guide,8,Horror,1,IndiaMovie,1,Jepang,1,JMovie,3,JPop,1,KMovie,2,Lain-Lain,1,Male Character,1,Mandarin,1,Mangaka,1,Mobile Legends,6,Mount and Blade,1,Musik,4,ONE OK ROCK,1,Other,3,PC Games,1,PS1,1,Rekomendasi Anime,7,Review Anime,7,Seal Online Blades of Destiny,3,ThaiMovie,2,Tips Beli,1,trik,2,Wibupedia,6,
ltr
item
Playcrunch: Rekomendasi Anime Sedih Part 1
Rekomendasi Anime Sedih Part 1
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgogG9xxDryLVLadIQCvC7hPah1ushyA5_h2Xir5SPPHl6Fsd2zUoyECUgzOZM9LSBcaHac4FkhhTC3mxFEkOddD823sA_LWDvLznUgKEKs9hnXwSWCH2QECcpUylAvV0fO0LntkyiAdZ8/s320/Screenshot_8-compressed.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgogG9xxDryLVLadIQCvC7hPah1ushyA5_h2Xir5SPPHl6Fsd2zUoyECUgzOZM9LSBcaHac4FkhhTC3mxFEkOddD823sA_LWDvLznUgKEKs9hnXwSWCH2QECcpUylAvV0fO0LntkyiAdZ8/s72-c/Screenshot_8-compressed.jpg
Playcrunch
https://playcrunch.blogspot.com/2018/03/rekomendasi-anime-sedih-part-1.html
https://playcrunch.blogspot.com/
https://playcrunch.blogspot.com/
https://playcrunch.blogspot.com/2018/03/rekomendasi-anime-sedih-part-1.html
true
8751078479757785731
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy