Macam-Macam Genre Anime

Hidup itu memang pilihan, termasuk dalam hal genre anime. Untuk para wibu, genre favourit tentunya juga mencerminka sifat aslinya, karena si...

Hidup itu memang pilihan, termasuk dalam hal genre anime. Untuk para wibu, genre favourit tentunya juga mencerminka sifat aslinya, karena sifat dan sikap terbentuk dari kebiasaan seperti kebiasaan wibu yang terlalu hyper dalam memaknai kehidupan dua dimensi yaitu menonton anime dan berimajinasi. Wibupedia akan memberikan beberapa genre pada anime sekaligus saran untuk para pembaca.


What is your favourite genre


A. Genre Kategori Pertama

Genre kategori ini merupakan kategori utama atau kategori dasar yang biasanya menentukan cerita utama dari sebuah anime. Meskipun genre yang membangun cerita, namun banyak anime yang menggunakan banyak genre ini untuk mengembangkan anime agar lebih banyak variasinya.

1. Action
Mungkin banyak diidolakan para wibu, terutama pemirsa dari kaum adam. Genre action merupakan genre dimana ceritanya berisi sebuah pertarungan, perkelahian, pertikaian, atau aksi antar karakter. Genre ini banyak disukai laki-laki karena naturalnya semua lelaki pasti pernah berfikir dirinya menjadi yang terkuat diantara yang terkuat. Namun tidak semua suka genre ini dengan alasan membosankan dan tidak suka hal-hal berbau kekerasan.
Rekomendasi : Akame ga Kill, Bungou Stray Dogs, Fate Series, Kiseiijuu Sei no Kakuritsu, Nanatsu no Taizai, Noragami, Shingeki no Kyojin, Sword Art Online, dll.

2. Comedy
Genre comedy biasanya tidak difokuskan sebagai genre utama. Karena scene-scene lucu biasanya hanya sebagai pengisi atau adegan tambahan agar cerita tidak berkesan membosankan. Biasanya yang suka genre ini orang-orang yang suka stres dan bosan. Mereka mencoba mencari hal segar melalui sesuatu yang lucu yaitu genre comedy.
Rekomendasi : Ben-To, Gintama, Shimoneta, dll.

3. Cooking
Anime dengan tema memasak memang jarang, namun jika sudah ditentukan temanya cooking maka cerita akan berfokus pada tema utama yaitu tentang memasak.
Rekomendasi : Shokugeki no Soma, Amaama to Inazuma, dll.

4. Drama
Drama memang selalu mengikuti genre lainnya. Hal ini karena meskipun tanpa genre romance, cerita dapat dibumbui dengan beberapa scene drama yang memberikan sedikit warna berbeda. Genre ini biasanya tidak terlalu dihiraukan karena adegannya begitu-begitu saja.
Rekomendasi : Koe no Katachi, Oregairu, Sakurao no Pet na Kanojo, Tamako Market, dll.

5. Fantasy
Fantasy dapat diartikan sesuatu yang berbau fiksi atau kemustahilan. Genre ini banyak disukai para wibu yang suka berimajinasi sesuatu yang tidak nyata, seperti masuk ke dunia game, ke dunia peri, memiliki kekuatan magis, dll.
Rekomendasi : Air, Date A Live, Glasslip, dll.

7. Gore
Genre yang bertema horor cukup disukai juga. Selain ceritanya yang menegangkan, biasanya juga penuh misteri dan aksi yang terlalu hyper dalam kualitas, bukan kuantitas. Misalnya suatu pembunuhan yang sangat kejam, namun hanya berdurasi pendek saja.
Rekomedasi : Another, Corps Party, Tokyo Ghoul, dll.

8. Harem
Harem merupakan genre dimana karakter lelaki lebih sedikit daripada perempuan. Biasanya dalam anime harem, karakter utamanya merupakan karakter lelaki yang disukai banyak karakter wanitanya tetapi dia tidak peka dan mendapat banyak keuntungan. Genre ini banyak disukai para lelaki single alias jones yang suka berkhayal dirinya diperebutkan para wanita.
Rekomendasi : Oregairu, Rakudai Kishi no Cavalry, Seiken Tsukai no World Break, dll.

9. Hentai
Genre yang benar-benar berisi konten dewasa seperti sex. Biasanya disukai kalangan lelaki yang berotak mesum. Genre ini dikategorikan sebagai genre dasar juga karena anime hentai banyak yang bertema lain juga.
Rekomendasi : Nekopoi

10. Historycal
Anime tentang sejarah sudah pasti berlatar lampau dan biasanya diikuti genre action. Genre ini kurang diminati dan jumlahnya juga sedikit.
Rekomendasi : Drifters, dll.

11. Millitary
Anime bergenre milliter yang biasanya bertema peperangan juga berjumlah sedikit, namun bisa dikatakan banyak antusiasnya. Bahkan salah satu anime bergenre ini dapat menetap di singgasana 10 besar Top Anime My Anime List, yaitu Fullmetal Alchemist Brotherhood.
Rekomendasi : Fullmetal Alchemist Brotherhood, Youjo Senkai, dll.

12. Music
Anime dengan genre music memang tidak terlalu banyak, tetapi antusiasnya cukup tinggi. Mungkin karena kolaborasi dengan genre lainnya sehingga membawa pada suasana yang berbeda.
Rekomendasi : Fuuka, Hibike no Euphonium, Shigatsu wa Kimi no Uso, dll.

13. Romance
Kisah romansa tentunya sangat populer dikalangan remaja, terutama remaja wanita. Genre yang mengisahkan perjalanan sepasang kekasih dalam menjalin hubungan bersama ini memang begitu indah, namun biasanya yang terlalu hyper dalam ketertarikan terhadap genre romance ini biasanya berakibat buruk. Misalnya lahir generasi lebay yang begitu antusias terhadap percintaan.
Rekomendasi : Akagami no Shirayuki-hime, Ao Haru Ride, Golden Time, Kuzu no Honkai, Toradora, dll.

14. School-life
Anime dengan latar kehidupan di sekolah tentunya juga populer terutama dikalangan remaja. Karena biasanya karakternya juga pelajar dimana mereka sedang mengalami masa-masa indah seperti percintaan.
Rekomendasi : Oregairu, Hyouka, Orange, Shigatsu wa Kimi no Uso, dll. 

15. Slice of Life
Irisan dari kehidupan atau kisah yang diambil dari realita kehidupan biasanya disukai orang-orang yang begitu dewasa dalam berfikir, terutama dalam hal kehidupannya. Orang-orang seperti ini mengidolakan genre slice of life karena mereka mencoba mengambil makna dan pesan tersirat dari apa yang mereka lihat. Orang-orang seperti ini juga dapat dikatakan orang-orang yang banyak mengambil keuntungan dari anime, karena tidak hanya mendapat hiburan, tetapi juga amanat yang berguna.
Rekomendasi : Anohana, Clannad - Clannad After Story, Ishuukan Friends, dll.

16. Sports
Genre olahraga tentunya tidak terlalu diminati wanita. Biasanya anime yang bertema olahraga disukai para lelaki dengan minat yang sesuai. Misalnya pecinta sepak bola akan suka anime bertema sepak bola.
Rekomendasi : Captai Tsubasa, Haikyuu, Kuroku no Basket

[next]


B. Genre Kategori Kedua

Genre kategori kedua biasanya digunakan untuk mendukung genre kategori pertama atau dengan kata lain dikolaborasikan dengan genre kategori pertama. Misalnya genre kategori pertama merupakan suatu bahan dasar, maka genre ini sebagai pelengkapnya.

1. Adventure
Tema petualangan sudah umum digunakan untuk melengkapi genre action dan fantasy. 

2. Echi
Genre yang mengarah pada ponografi pada tahapan yang ringan. Biasanya genre ini digunakan untuk memperlengkap genre romance, harem, dan genre lainnya agar banyak antusiasnya.

3. Mecha
Anime bergenre Mechanical atau mekanik yang biasanya bertema robot ini digunakan sebagai pelengkap genre action. Biasanya genre ini berlatar di masa depan yang peradabannya sudah sangat maju.

4. Martial Arts
Genre ini berarti genre bela diri. Fungsinya juga untuk memperlengkap genre action.

5. Mystery
Genre mystery merupakan sub-genre yang dapat digunakan untuk melengkapi genre action, gore, dan genre lain yang memiliki tingkat konflik begitu tinggi. Dengan sub-genre ini anime akan berkesan tidak membosankan karena membuat penontonnya menjadi penasaran.

6. Seinen
Genre yang menceritakan kisah kehidupan remaja. Biasanya mengikuti genre slice of life, school-life, romance, dan lainnya.

7. Shoujo/Shoujo-Ai
Genre untuk penonton wanita, sedangkan shoujo-ai merupakan kisah cinta antara sepasang wanita atau biasa disebut genre yuri.

8. Shounen/Shounen-Ai
Genre untuk penonton wanita, sedangkan shounen-ai merupakan kisah cinta antara sepasang lelaki atau biasa disebut genre yaoi.

9. Supernatural/Supranatural
Sama halnya dengan genre fantasy, genre supranatural berisi kisah tentang hal-hal mistis atau sesuatu yang tidak nyata.

Mungkin masih banyak genre lagi yang belum disebut, tetapi sebagian besar sudah disebutkan beserta rekomendasinya. Genre-genre di atas merupakan hasil analisa Wibupedia dari pengalaman dan sedikit referensi, oleh karena itu Wibupedia menerima seluruh saran dan kritik yang membangun.

COMMENTS

Name

2018,8,Android Games,26,Berita Games,13,Biografi,1,bitcoin,2,Bitcoin,7,CMovie,4,CPop,1,Feature,14,Film,7,game,3,Games,16,Games Guide,8,Horror,1,IndiaMovie,1,Jepang,1,JMovie,3,JPop,1,KMovie,2,Lain-Lain,1,Male Character,1,Mandarin,1,Mangaka,1,Mobile Legends,6,Mount and Blade,1,Musik,4,ONE OK ROCK,1,Other,3,PC Games,1,PS1,1,Rekomendasi Anime,7,Review Anime,7,Seal Online Blades of Destiny,3,ThaiMovie,2,Tips Beli,1,trik,2,Wibupedia,6,
ltr
item
Playcrunch: Macam-Macam Genre Anime
Macam-Macam Genre Anime
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjywVFIPMiYWPeEkT_-O9Qw11EqsND3qpD-OQoId1niX3REfqj0YhY8T70bjvx7FIOs0yxIctQNx1vVMb3hjMO-T7r0MzgAaPFYgPbdzz9_Ua07SdYGAGtqVxNmOSuyvwQywAA1xT3CkUM/s640/PicsArt_06-19-09-compressed+%25281%2529.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjywVFIPMiYWPeEkT_-O9Qw11EqsND3qpD-OQoId1niX3REfqj0YhY8T70bjvx7FIOs0yxIctQNx1vVMb3hjMO-T7r0MzgAaPFYgPbdzz9_Ua07SdYGAGtqVxNmOSuyvwQywAA1xT3CkUM/s72-c/PicsArt_06-19-09-compressed+%25281%2529.jpg
Playcrunch
https://playcrunch.blogspot.com/2017/06/macam-macam-genre-anime.html
https://playcrunch.blogspot.com/
https://playcrunch.blogspot.com/
https://playcrunch.blogspot.com/2017/06/macam-macam-genre-anime.html
true
8751078479757785731
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy