Review Shingeki no Kyojin Season 1

Shingeki no Kyojin atau Attack on Titan merupakan anime karya Hajime Isayama yang tayang pertama pada tahun 2013. Anime dengan genre action,...

Shingeki no Kyojin atau Attack on Titan merupakan anime karya Hajime Isayama yang tayang pertama pada tahun 2013. Anime dengan genre action, super power, drama, fantasy, dan shounen yang digarap oleh Wit Studio ini diclaim sebagai anime terbaik tahun 2013. Anime ini mengisahkan perjuangan manusia dalam bertahan hidup dari para titan atau raksasa. 

Anime ini berlatar pada abad ke-7 sampai ke-8 di zaman yang tidak diketahui dimana manusia hidup di dalam dinding yang begitu besar. Hal ini karena manusia berlindung dari serangan para titan atau raksasa yang memakan manusia. Cerita berawal dari seorang yang meminta bantuan iblis untuk membangun sebuah peradaban manusia atau sebuah kerajaan. Orang tersebut yang kemudian menjadi seorang raja yaitu Raja Fritz dan berhasil membawa bangsanya yaitu Bangsa Eldian menuju puncak kejayaan. Kontrak dengan iblis tersebut menghasilkan 9 kekuatan titan yang kelak memicu peperangan. 

Bangsa Eldian berhasil berkembang menjadi sebuah kerajaan adijaya yang menguasai hampir seluruh dunia. Namun diberbagai cerita sudah pasti suatu kerajaan memperluas wilayah kekuasaan dengan cara damai maupun peperangan, oleh karena itu sudah sewajarnya Bangsa Eldian memiliki banyak musuh. Salah satu bangsa yang menentang Bangsa Eldian yaitu Bangsa Marley. Pada pemerintahan Raja Frizt ke-145 terjadi suatu peristiwa dimana raja memutuskan untuk mengasingkan diri dan membangun 3 tembok raksasa di sebuah pulau yang bernama Pulau Paradise. Kekosongan kekuasaan ini dimanfaatkan oleh Bangsa Marley untuk merebut kekuatan titan milik Bangsa Eldian. Pada akhirnya Bangsa Marley membalik keadaan dan menguasai 6 kekuatan titan. Bangsa Eldian kemudian diperbudak dan yang tidak patuh disuntik serum menjadi mindless titan dan dibuang ke Pulau Paradise.

Pada season pertama, cerita berawal dari tokoh utama yang memiliki salah satu kekuatan titan, Eren Jaeger. Eren Jaeger merupakan anak seorang profesor yang meneliti tentang titan. Dia hidup bersama ibu dan saudara angkatnya yaitu Mikasa Ackerman di dinding terluar yaitu dinding Maria, district Shiganshina. Dia juga memiliki teman yaitu Armin Arlert. Mereka bertiga sudah bersahabat sejak kecil dan saling membantu saat mereka menghadapi masalah. Mimpi mereka adalah keluar dari dinding dan melihat dunia di luar dinding. Pada suatu hari, sebuah titan colossal yang bertinggi 60m muncul diluar dinding Maria dan menghancurkan dindingnya. Hal itu membuat para titan berhasil masuk dan memakan banyak manusia salah satunya ibu Eren. Eren sendiri yang menyaksikan dengan mata telanjang ibunya dimakan oleh titan. Orang-orang dari dinding Maria terpaksa diungsikan ke dinding Rose. Setelah kejadian itu Eren Jaeger bersumpah akan memusnahkan seluruh titan dari bumi.


Eren's mother died when Maria Wall was destroyed

Kehidupan Eren bersama kedua sahabatnya di tempat baru dimulai. Mereka kemudian masuk keakademi militer dan berlatih setiap hari. Suatu hari titan colossal dan armored titan kembali muncul dan menghancurkan dinding Rose. Hal yang serupa kembali terulang, namun kali ini tim pengintai, tim pelindung, tim kepolisian, dan calon prajurit bersatu melawan para titan. Para penduduk terpaksa diungsikan ke dinding terdalam yaitu dinding Sina. Namun konflik kembali muncul dimana Eren Jaeger berubah menjadi attack titan dan menghancurkan para titan yang masuk ke dinding. Wujud titan Eren juga berhasil menutup lubang di dinding Rose.


Levi kicked Eren
Namun setelah kejadian itu Eren dianggap musuh oleh para penduduk, bahkan dirinya harus diadili dihadapan hakim. Hasilnya yaitu Eren akan dilatih oleh Scout Legion atau tim pengintai dan akan menjalani misi yaitu pergi ke ruang rahasia milik ayah Eren di distrik Shiganshina. Apabila misi ini gagal, Eren akan diambil alih oleh tim kepolisian.



Kehidupan Eren dan teman-temannya di luar dinding dimulai. Dia bersama para senior menjadi berkembang pesat karena lebih berpengalaman dalam menghadapi titan secara langsung. Namun konflik berikutnya kembali muncul, yaitu female titan yang berusaha mengincar Eren. Masalah ini juga yang menghalangi tim pengintai untuk pergi ke distrik Shiganshina. Misi mereka dialihkan menjadi menangkap female titan yang diduga merupakan salah satu prajurit yang berkhianat. Namun misi ini gagal dan banyak memakan korban. Tim pengintai terpaksa kembali ke dinding dan membawa kegagalan. Namun tidak sepenuhnya kegagalan, karena berkat para prajurit jenius dari tim pengintai, mereka berhasil menciptakan hipotesis bahwa pengkhianat yang merupakan female titan berada dipihak kepolisian.

Misi berikutnya berlanjut dimana mereka diharuskan menangkap female titan. Dugaan mereka ternyata memang benar, female titan sendiri merupakan Annie Leonhart yaitu teman seangkatan Eren atau dari kadet 104. Pertarungan antara Eren dan Annie menjadi akhir dari season pertama ini. Pada akhir cerita Annie berhasil ditangkap dan Eren tidak jadi ditahan.


Female titan vs Attack titan

Mengapa Attack on Titan memiliki rating yang tinggi dan begitu banyak fansnya? Hal ini sudah terlihat karena alur ceritanya yang sangat berhasil dan sulit ditebak. Dengan kata lain alur ceritanya sukses membuat para penonton menjadi sangat penasaran akan misteri dari setiap konflik. Setiap konflik yang diberikan selalu berhubungan dengan konflik-konflik berikutnya dan setiap resolusi untuk setiap konflik selalu tidak dituntaskan agar kesannya menjadi tanda tanya atau misteri bagi para penonton. Hal tersebut yang membuat alur ceritanya begitu menarik. 

Dari segi action, Attack on Titan dapat dikatakan berhasil meskipun terdapat sedikit kejanggalan. Kejanggalan tersebut merupakan hal-hal kecil yang tidak terlalu disadari penonton, misalnya mengapa pada abad dimana peralatan masih begitu sederhana terdapat alat terbang yaitu manuver 3d? Namun sekali lagi hal ini tidak terlalu dihiraukan oleh penonton karena kesannya tidak begitu penting. Mungkin kejanggalan-kejanggalan lainnya masih banyak bila disebutkan, namun sudah tertutupi oleh genre action dan super power. 

Dari segi drama memang tidak terlalu menonjol, namun salah satu kelebihan Attack on Titan yaitu tokoh dan penokohan yang bisa dikatakan sangat berhasil. Tidak seperti anime umumnya yang hanya berfokus kepada pemeran utama, anime ini banyak mengulas tokoh-tokoh lainnya. Bahkan jika tidak memahami dengan seksama, para penonton akan dibuat bingung dengan siapa sebenarnya tokoh antagonis yang menjadi lawan Eren Jaeger. 

Selain kelebihan dan kekurangan yang sudah disebutkan, masih banyak ulasan-ulasan mengenai unsur-unsur lainnya seperti grafik, episode dan cerita tambahan, movie, live action dan masih banyak lagi. Menurut review Wibupedia sendiri anime ini memang layak dikatakan anime terbaik tahun 2013, namun belum pasti pada tahun 2017 dimana season kedua dikeluarkan dengan 12 episode saja. 

COMMENTS

Name

2018,8,Android Games,26,Berita Games,13,Biografi,1,bitcoin,2,Bitcoin,7,CMovie,4,CPop,1,Feature,14,Film,7,game,3,Games,16,Games Guide,8,Horror,1,IndiaMovie,1,Jepang,1,JMovie,3,JPop,1,KMovie,2,Lain-Lain,1,Male Character,1,Mandarin,1,Mangaka,1,Mobile Legends,6,Mount and Blade,1,Musik,4,ONE OK ROCK,1,Other,3,PC Games,1,PS1,1,Rekomendasi Anime,7,Review Anime,7,Seal Online Blades of Destiny,3,ThaiMovie,2,Tips Beli,1,trik,2,Wibupedia,6,
ltr
item
Playcrunch: Review Shingeki no Kyojin Season 1
Review Shingeki no Kyojin Season 1
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhy1FpbuO2PPMhP0w4gtEwJzvxt5ESYsM1yRrAe_aJpg1R5CBhOrDXDIKYyKN1pGNzNSyPuZWIwdVDlB74VSGj8JaMaVyS4TVJVqybH7Sh21XcGgAIEYPTOaBOd64Ha0NI0zzguWIEBmMU/s400/Screenshot_3-compressed.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhy1FpbuO2PPMhP0w4gtEwJzvxt5ESYsM1yRrAe_aJpg1R5CBhOrDXDIKYyKN1pGNzNSyPuZWIwdVDlB74VSGj8JaMaVyS4TVJVqybH7Sh21XcGgAIEYPTOaBOd64Ha0NI0zzguWIEBmMU/s72-c/Screenshot_3-compressed.jpg
Playcrunch
https://playcrunch.blogspot.com/2017/06/review-shingeki-no-kyojin-season-1.html
https://playcrunch.blogspot.com/
https://playcrunch.blogspot.com/
https://playcrunch.blogspot.com/2017/06/review-shingeki-no-kyojin-season-1.html
true
8751078479757785731
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy